7 Cara Tepat Menunda Kehamilan Bagi Suami dan Istri

Setelah menikah ada pasangan yang langsung ingin memiliki momongan namun ada juga yang menundanya karena beberapa alasan tertentu. Nah bagi Anda para pasangan yang ingin menunda memiliki momongan beberapa tahun, Anda bisa mencegahnya dengan menggunakan alat kontrasepsi dan lainnya. Berikut beberapa cara menunda kehamilan bagi Anda suami istri.

Berhubungan Saat Tidak Berada dalam Masa Subur

Cara yang satu ini dapat Anda lakukan dengan mengetahui periode menstruasi dengan pasti. Dari perhitungan tersebut Anda dapat dengan mudah mengetahui kapan istri sedang tidak berada di masa subur. Berhubungan intim dapat Anda lakukan 1 minggu sebelum pasangan menstruasi. Agar lebih aman pastikan sperma tumpah setelah berhubungan di luar organ kewanitaan.

Menggunakan Kondom Selama Berhubungan

Kondom merupakan salah satu alat kontrasepsi yang di jual bebas di pasaran. Hal yang satu ini merupakan salah satu upaya yang bisa Anda lakukan untuk menunda kehamilan. Dengan menggunakan kondom sperma akan ditampung dan tidak akan masuk ke dalam vagina yang dapat menyebabkan kehamilan.

Menggunakan Nuvaring

Sebenarnya apa si nuvaring itu? Nuvaring merupakan alat kontrasepsi berbentuk cincin yang dimasukkan ke dalam organ intim kewanitaan. Alat kontrasepsi yang satu ini juga kerap digunakan oleh banyak pasangan untuk menunda kehamilan. Alat kontrasepsi ini akan dapat menghambat sperma untuk tidak masuk ke dalam indung telur dan mencegah terjadinya kehamilan.

Pil Kb

Pil kb merupakan salah satu upaya termudah yang banyak dipilih pasangan untuk menunda kehamilan jika dikonsumsi dengan tepat. Namun kelemahannya pil kb ini harus dikonsumsi rutin setiap harinya agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Meski begitu penggunaannya juga harus sesuai dengan resep dokter.

Suntik Kb

Alat kontrasepsi lainnya yang bisa Anda pilih adalah suntik kb. Fungsinya juga sama dengan alat kontrasepsi lainnya yaitu untuk mencegah kehamilan. Setelah melakukan suntuk kb, pada umumnya kadar hormon akan meningkat dan terus menurun hingga periode suntik selanjutnya. Suntik kb memang sangat perlu dilakukan secara rutin sesuai dengan resep dokter.

Sterilisasi

Sterilisasi juga merupakan alat kontrasepsi yang bisa Anda pilih. Namun umumnya cara yang satu ini diperuntukkan bagi Anda pasturi yang sudah tidak ingin menambah momongan lagi. Pasalnya sterilisasi merupakan upaya untuk mencegah kehamilan yang dilakukan secara permanen.

Mengeluarkan Sperma di Luar Organ Kewanitaan

Upaya mencegah kehamilan yang dapat dilakukan para suami istri yang sedang menunda untuk memiliki momongan adalah dengan mengeluarkan sperma di luar organ intim wanita. Cara ini merupakan upaya paling mudah yang dapat Anda lakukan. Meski begitu Anda juga harus berhati-hati pasalnya sperma keluar setelah berhubungan juga dapat menyebabkan kehamilan.

Itulah beberapa upaya yang bisa Anda lakukan untuk mencegah ataupun menunda untuk memiliki momongan.  Meski begitu jangan lakukan hal di atas dengan sebarangan. Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu jika Anda memang berniat untuk menunda memiliki momongan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *