Perkembangan Anak Menjadi Momen Berharga Untuk Orang Tua

Melihat perkembangan anak dari hari ke hari merupakan sebuah momen yang sangat berharga bagi kedua orang tua. Perkembangan bayi ini idealnya sesuai dengan bertambahnya usia seorang bayi. Melihat tumbuh kembang bayi secara teratur akan membuat seorang ibu mudah dalam menyadari perkembangan bayinya. Langkah ini dapat membantu seorang ibu untuk menentukan stimulasi yang tepat demi optimalkan tumbuh kembang buah hati.

Langkah seorang ibu yang dapat dilakukan yaitu mengetahui apa saja pencapaian yang dicapai oleh buah hatinya pada usia tertentu. Perkembangan yang harus diperhatikan oleh seorang ibu yaitu mulai dari perkembangan fisik, perkembangan motorik halus dan motorik kasar, dan sosialisasi.

Perkembangan anak sejak usia 0 sampai 1 tahun

Pada usia bayi 0 sampai 1 tahun cenderung lebih cepat. Ketika memasuki bulan-bulan tertentu, bunda akan takjub dengan kecepatan tumbuh kembang motorik seorang anak. Kalau dari segi kognitif dan psikolohis belum begitu kelihatan tumbuh kembangnya. Asupan nutrisi menjadi salah satu kunci utama dalam mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Kali ini akan dijelasakan pencapaian bayi mulai umur 0 sampai 1 tahun.

  1. Umur 1 sampai 3 bulan

Bayi dan seorang ibu akan mengalami masa adaptasi setelah proses kelahiran. Proses adaptasi ini akan mengakibatkan ketidaknyamanan. Hal ini biasanya akan berujung pada sebuah tangisan seorang bayi. Biasanya yang bikin resah seorang ibu adalah ketika bayinya susah untuk tidur di malam hari. Sebagai seorang ibu, pastikan anda tidak khawatir karena ini merupakan proses adaptasi setelah 9 bulan ada di dalam kandungan. Proses adaptasi ini biasanya akan berlangsung sampai usia 3 bulan. Sehingga silahkan bersiap-siap untuk begadang malam untuk menjaga sang buah hati di malam hari.

Pada usia ini bayi mulai bisa membedakan suara dan cahaya. Hal ini disebabkan indra pendengarnya sudah mulai terasah. Agar mempercepat kemampuannya makaseorang ibu sebaiknya mengajak bicara bayinya. Selain itu sering sering seorang ibu memberikan jarinya untuk digenggam agar terlatih kemampuan motoriknya.

  1. Umur 3 sampai 6 bulan

Pada usia ini bayi sudah lebih beradaptasi dengan lingkungan. Bayi juga sudah mulai mengenali wajah orang terdekatnya. Sehingga seorang ibu akan selalu mendapatkan bayinya senyuman ketika melihat wajah ibunya. Pada usia ini seorang bayi sudah bisa mencapai posisi tengkurap. Tangannya pun bergerak aktif untuk meraih berbagai benda di sekitarnya. Kalau sudah mulai mendekati usia 6 bulan, bayi bahkan sudah bisa duduk dengan bantuan tangan.

Pada usia ini kemampuan bahasa bayi sudah mulai terbentuk, salah satunya si bayi akan mencoba menirukan berbagai suara yang dia kenal. Biasanya bayi akan mencoa menirukan dengan gumaman. Ini artinya si bayi mencoba untuk berinteraksi dengan sekitarnya.

  1. Umur 6 sampai 9 bulan

Gumaman bayi pada usia ini sudah semakin banyak. Kadang berberapa dari gumamannya sudah mulai membentuk kata-kata. Jadi jangan kaget ketika bayi sudah bisa menyebut kata mama dan papa. Bayi pun akan semakin banyak bergerak mulai dari tengkurap dan berguling dari satu sisi ke sisi lainnya. Pada usia ini bayi juga sudah mulai tumbuh gigi. Biasanya bayi akan lebih sering menggigit barang yang ada disekitarnya.

  1. Umur 9 sampai 12 bulan

Pada usia ini ocehan sang bayi sudah semakin banyak dan beragam. Bahkan bayi sudah mulai berteriak untuk memanggil sang bunda. Bayi juga akan semakin lengket dalam pelukan ibunya. Bayi pun akan semakin berkembang lebih banyak mulai dari merangkak, berlatih jalan beberapa langkah dengan berpegangan benda disekitarnya.

Demikianlah perkembangan anak dari usia 0 sampai 1 tahun. Hal ini sangat penting untuk seorang ibu mengetahui perkembangan anak sehingga sang bayi bisa tumbuh kembang secara optimal. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *