Sedikit Tentang Corrugated Carton Box

Corrugated carton box – Secara etimologis, kertas atau paper tersebut berasal dari kata dari bahasa Latin yaiut papyrus, yang merujuk pada nama tanaman cyperus papyrus. Papyrus adalah kertas tebal seperti kertas yang digunakan orang Yunani untuk menulis. Meskipun secara etimologis berasal dari kata papirus, sifat dan juga struktur kertas dan papirus sangat berbeda. Kertas yang lebih modern adalah lapisan tipis bahan yang dihasilkan dari bubur serat selulosa. Bubur kertas ditekan dan dikeringkan untuk membentuk lembaran yang fleksibel. Semua bahan yang mengandung serat selulosa dapat diolah menjadi kertas. Sumber serat yang bisa kita sebut selulosa yang paling umum ialah kayu, tetapi ada juga berbagai sumber serat lainnya seperti melon pisang, rumput, semak, batang tebu, bambu. Dalam beberapa tahun terakhir, rumput laut telah dikembangkan sebagai alternatif bahan baku kertas.

Struktur kayu didalamnya yang mengandung tiga komponen utama, yaitu selulosa, hemiselulosa dan lignin. Selulosa adalah polimer linier yang mengandung 5.000 hingga 10.000 lebih dalam satu molekul. Dalam struktur kayu selulosa, ia membentuk bundel yang disebut microfiber. Atas dasar panjang pendek, serat yang dihasilkan dari kayu diklasifikasikan menjadi serat panjang dan serat pendek. Serat panjang dihasilkan dari pohon kayu lunak (kayu lunak) dengan kisaran panjang serat 3,5 hingga 4,8 mm. Sedangkan serat pendek dengan panjang antara 0,7 dan 1,7 mm diproduksi oleh kayu keras. Sifat pohon kayu lunak adalah daun berbentuk jarum. Pohon kayu lunak tumbuh subur di daerah subtropis seperti pinus dan pinus. Pohon kayu memiliki kepemilikan daun yang luas dan tumbuh subur di daerah tropis.

Proses produksi pulp dan kertas dikembangkan di Cina sekitar abad kedua SM selama Dinasti Han. Kemudian mereka menyebar pada abad ke-13 melalui Timur Tengah ke Eropa Tengah. Industri kertas berkembang pesat pada abad ke-19 dengan penemuan proses yang lebih ekonomis. Kertas yang diproduksi secara manual sering dilakukan sebagai kegiatan di industri rumah tangga. Bahannya dari kertas bekas atau dari serat selulosa nabati yang dicampur dalam pulp. Bubur biasanya dicampur dengan lem sehingga kertas yang dihasilkan lebih kuat. Campuran ini juga bisa menjadi bahan dekoratif seperti kelopak, kawat jagung dan lainnya untuk menghasilkan kertas yang lebih artistik. Pulpa kertas dikeringkan di atas filter setelah sedikit kering. Pengeringan akhir dilakukan dengan menjemur di bawah sinar matahari dan pada akhirnya bisa menjadi box arsip besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *