Penyebab Kulit Ketiak Sensitif dan Cara Mudah Untuk Mengatasinya

Tidak hanya di wajah, kulit ketiak juga bisa sensitif. Pada prinsipnya, kulit sensitif adalah kulit yang mudah teriritasi. Tanda paling khas, jika kulit ketiak Anda sensitif, hangat, meradang, gatal, kemerahan dan bahkan terlihat hitam. Lantas apa penyebab kulit sensitif?

Menyebabkan kulit ketiak sensitif

“Ketiak adalah area yang unik.” Jadi setidaknya Dr. Melyawati Hermawan, Sp.KK, ketika dia ditemui oleh tim Hello Sehat di awal produk deodoran di Menteng, Kamis (11/7). Melyawati menjelaskan bahwa dibandingkan dengan bagian kulit lainnya, kulit ketiak bawah biasanya lebih tipis dan sering digosokkan ke pakaian. Belum lagi: ketiak hangat dan lembab menjadi tempat yang nyaman bagi bakteri dan bakteri untuk bereproduksi.

Tanpa disadari, gaya hidup harian Anda juga bisa menjadi faktor yang membuat kulit Anda lebih sensitif. Sering-seringlah mandi dengan air hangat. Air panas dapat menghilangkan minyak alami di permukaan kulit. Ketika minyak alami menghilang ke kulit ketiak, kulit kehilangan kelembaban. Akibatnya, kulit menjadi kering dan rentan terhadap iritasi. Apalagi penggunaan sabun yang berlebihan juga bisa menjadi penyebabnya. Kulit ketiak, yang cenderung sedikit berkeringat dan menimbulkan bau, membuat bagian ini terlalu sering digosok dengan sabun. Faktanya, terlalu banyak kulit ketiak yang digosok dengan sabun dapat membuat area ini sensitif.

Penyebab lain yang sering tidak disadari adalah penggunaan produk deodoran yang salah. Penggunaan produk deodoran yang mengandung bau juga bisa membuat kulit ketiak Anda sensitif dan mudah teriritasi. “Berdasarkan penelitian yang ada, bau dan bau sering menyebabkan iritasi kulit. Ketika orang kulit sensitif menggunakan produk yang mengandung parfum terlalu kuat, kulit mereka akan sangat mudah teriritasi,” kata Dr. Melyawati, juga anggota kulit Indonesia dari Jakarta. dan Asosiasi Spesialis Gender (PERDOSKI Jaya).

Cara merawat ketiak sensitif di bawah kulit

Singkatnya, cara merawat ketiak sensitif dengan kulit di bagian tubuh lain. Akan tetapi, dikarenakan kulit ketiak sangat sensitif, Anda harus lebih berhati-hati saat memegang bagian ini. “Kita mungkin merasa bahwa segitiga atas (ketiak) dan segitiga bawah (vagina) adalah area yang tidak bersih. Jadi kita secara naluriah merasa bahwa kita perlu membersihkannya lebih banyak, misalnya, menggosok sabun lebih kuat dan lebih banyak sabun. Kedua cara ini sebenarnya menjengkelkan,” kata Dr. Melyawati. Dr.Melyawati sekaligus menambahkan jika pemilik kulit ketiak yang sensitif haruslah pintar padasaat memilih produk perawatan diri, salah satunya ialah deodoran.

“Orang dengan kulit sensitif seharusnya tidak terlalu sibuk memilih produk deodoran, tetapi juga penting untuk melihat bahan kimia di dalamnya,” kata Dr. Melyawati. Dia juga menyarankan orang dengan ketiak sensitif untuk bisa menghindari produk seperti deodoran yang didalamnya mengandung parfum atau bebauan. Alasannya adalah bahwa penelitian melaporkan bahwa bau dan bau ditambahkan ke produk deodoran atau perawatan diri lainnya dapat menyebabkan iritasi. Produk wewangian yang berasal dari minyak esensial bahkan dapat menyebabkan iritasi kulit. Selain itu, bahan kimia seperti alkohol, paraben, dan propilen glikol juga harus dihindari. Ini karena semua bahan-bahan ini dapat menyebabkan reaksi iritasi pada kulit sensitif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *