Kenali Tanda dan Pantangan Asam Urat Berikut yang Perlu Diperhatikan

Asam urat memang diperlukan untuk tubuh manusia tetapi hal itu justru bisa memberikan dampak yang berbahaya ketika sudah menunjukkan kadar yang terlalu tinggi. Ya, memang asam urat tidak selalu identik dengan penyakit yang membahayakan. Jika memang asam urat kadarnya normal pada tubuh tentu tidak akan menjadi masalah yang besar. Sebaliknya jika sudah berlebih bukan saja pada bagian sendi-sendi tubuh yang diserang tetapi pada bagian lainnya sampai dengan ginjal terganggu. Bila sudah seperti itu tetap ada makanan atau pantangan asam urat yang harus diperhatikan.

Umumnya memang asam urat terjadi pada mereka yang sudah lanjut usia, tetapi pada kenyataannya tidak demikian. Ya, pada seseorang yang masih berusia muda pun mempunyai resiko yang sama terkena penyakit tersebut. Makanya dari sekarang coba untuk melakukan pengecekan kadar asam urat pada tubuh Anda dan kenali tandanya seperti berikut:

  1. Nyeri tak biasa pada persendian.

Bila Anda salah satu orang yang sering sekali mengalami nyeri pada bagian sendi seperti jempol, lutut, kaki, siku, pergelangan ataupun yang lainnya bisa jadi ini pertanda. Pastikan jika nyeri tersebut tidak lebih dari 4 jam, karena jika lebih bisa menjadi pertanda asam urat mulai menyerang. Jika sudah seperti ini tentu konsultasi dengan dokter menjadi salah satu cara untuk mencegah bahaya buruk.

  1. Kemerahan dan meradang.

Selain nyeri, tanda datangnya asam urat juga bisa dilihat dari kemerahan pada beberapa bagian tubuh. Bahkan tidak jarang pula hal itu menyebabkan rasa panas muncul dan memicu pembengkakan ataupun peradangan. Kondisi ini sangat menyiksa sekali apalagi jika tidak memperhatikan pantangan asam urat pada umumnya.

  1. Sendi kaku.

Tanda ini sudah lebih parah dari pada sebelumnya, dimana bukan saja nyeri dan bengkak tetapi sampai dengan kaku. Apalagi jika memang nyeri pada sendi tidak segera diatas pasti akan merasakan kesulitan untuk digerakkan lagi. Jangan sampai Anda mengalami masalah ini karena bisa membatasi kegiatan setiap harinya.

  1. Muncul benjolan.

Dan tanda yang terakhir bisa Anda ketahui dari munculnya benjolan yang ada pada beberapa bagian. Umumnya memang benjolan tersebut muncul pada sekitaran sendi, ini diakibatkan oleh penumpukan asam urat yang sudah sangat berlebih. Bila itu terjadi dan pada bagian saluran kemih tentu saja akan membentuk batu ginjal yang memperparah kondisi kesehatan.

Nah, itulah beberapa tanda yang bisa Anda kenali sebagai indikasi jika sudah mengalami masalah pada tubuh seperti gangguan asam urat. Jika sudah mengalami seperti itu tentu segera untuk melakukan tindakan konsultasi dengan dokter ahli. Bukan hanya itu saja, Anda bisa melakukan beberapa usaha lain untuk mengatasi masalah asam urat, diantaranya:

  1. Mengubah pola hidup yang lebih sehat dan seimbang.
  2. Selektif terhadap apapun yang akan dikonsumsi baik makanan ataupun minuman.
  3. Menjaga berat badan yang tetap ideal.
  4. Menjaga kesehatan dengan melakukan olahraga yang teratur.
  5. Menghindari makanan ataupun minuman yang memicu masalah asam urat semakin berlebihan.

Terkadang orang awan tidak menyadari akan penyakit asam urat, bahkan ada pula yang mengira tanda muncul itu merupakan sakit biasa. Padahal adanya gejala itu merupakan sebuah peringatan untuk segera berhati-hati supaya tidak lebih parah lagi. Tidak lupa juga untuk melakukan konsultasi dengan dokter ahli dan lebih sering melakukan pengecekan kadar asam urat Anda. Setelah pemeriksaan, Anda akan paham seperti apa saja penyebab sampai dengan pantangan asam urat yang harus dihindari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *