Waktu Terbaik untuk Berikan Imunisasi BCG

Bayi harus diimunisasi sejak lahir. Bukan tanpa alasan, itu karena kekebalan dalam tubuh tidak sepenuhnya berkembang, sehingga bakteri, virus dan bakteri yang menyebabkan penyakit rentan diserang. Beberapa penyakit tidak dapat disembuhkan sejauh ini, sehingga imunisasi adalah satu-satunya cara untuk mencegah penularan penyakit.

Ada berbagai jenis vaksinasi yang harus diberikan kepada anak-anak sejak lahir hingga usia tertentu. Jika ada yang hilang, imunisasi harus dilakukan bahkan ketika usia bertambah. Karena penyakit ini dapat terjadi kapan saja, mencegah dan melindungi tubuh dengan imunisasi tidaklah buruk, bahkan ketika usianya tidak lagi muda.

Imunisasi BCG untuk mencegah penularan TBC

Nah, salah satu jenis imunisasi yang harus diberikan kepada anak-anak adalah imunisasi BCG. Imunisasi diberikan untuk mencegah anak-anak terkena TBC atau lebih dikenal dengan TBC. Nama BCG adalah singkatan dari Bacillus Calmette-Guerin.

Vaksin BCG dibuat dari bakteri tuberkulosis yang pertama kali dilemahkan dan tidak akan menyebabkan penerima vaksin mengembangkan tuberkulosis. Jenis bakteri yang digunakan adalah Mycobacterium bovine, yang paling mirip dengan bakteri yang menyebabkan TB pada manusia. Pemberian imunisasi BCG mengaktifkan sistem kekebalan tubuh untuk membentuk sel-sel yang dapat melindungi tubuh terhadap bahaya bakteri yang menyebabkan TBC.

Penggunaan vaksin BCG pada anak-anak penting karena dianggap efektif dalam mencegah tuberkulosis pada bayi, termasuk spesies yang dianggap berbahaya, yaitu meningitis, yang rentan terhadap serangan pada anak. TBC dikategorikan sebagai penyakit berbahaya karena tidak hanya menjadi penyebab infeksi pernapasan, tetapi juga dapat terjadi di bagian lain dari tubuh, termasuk tulang, sendi, ginjal, dan selaput lendir otak atau pikiran.

Penyakit ini juga mudah menular melalui air liur, batuk atau bersin, yang secara tidak sengaja terhirup oleh orang lain. Meskipun mode penularannya hampir sama dengan pilek atau flu, tuberkulosis biasanya memerlukan waktu kontak yang lebih lama sebelum ada orang yang mendapatkannya. Itulah sebabnya anggota keluarga yang tinggal atau tinggal di atap yang sama dengan penderita TBC tentu memiliki risiko lebih besar untuk menderita bersama.

Waktu terbaik untuk memberikan imunisasi BCG kepada anak-anak

Di Indonesia, imunisasi BCG adalah jenis vaksin yang harus diberikan kepada anak-anak. Waktu terbaik untuk memberikan imunisasi ini adalah dari bayi yang baru lahir dan paling lambat sebelum bayi berusia 3 bulan. Bagaimana jika bayi yang baru lahir menerima imunisasi BCG setelah ia berusia lebih dari 3 bulan?

Jika imunisasi baru diberikan setelah bayi berusia lebih dari 3 bulan, perlu menjalani tes tuberkulin sebelum vaksin diberikan. Tes ini dilakukan dengan menyuntikkan protein kuman TBC ke dalam lapisan kulit lengan atas. Kulit merespons antigen yang masuk jika anak terpapar bakteri atau bakteri penyebab tuberkulosis. Reaksinya adalah kejutan merah pada kulit di tempat suntikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *