Bengawan Solo Tercemar Limbah

Ada polusi lingkungan lagi. Di Indonesia selalu ada masalah polusi yang disebabkan oleh akumulasi limbah, limbah pabrik dan penyebab lainnya. Kali ini terjadi di Bengawan Solo, Sragen, Jawa Tengah. Faktanya, air sungai ada di tepi Bengawan Solo, yang akhir-akhir ini hitam pekat dan baunya tidak enak, dan ini menyebabkan ikan mati di dalamnya.

Menurut penduduk setempat, (Lestari Yanti) ribuan ikan mati dalam tiga hari terakhir dan terjadi bersamaan dengan air sungai yang menjadi hitam. Apalagi sungai tercium bau dan tidak cepat hilang. Warga yang tinggal di dekat sungai mengeluh bahwa ini karena limbah pabrik. Air sungai juga menyebabkan penyakit bagi penduduk seperti gatal-gatal.

Masalah ini terjadi setiap tahun, tetapi apakah pemerintah tidak bertindak? (Lestari Yanti) menjelaskan bahwa ia berharap pemerintah akan menyelesaikan masalah ini dengan cepat, tetapi sampai sekarang tidak ada solusi nyata dari pemerintah untuk mengatasinya.

Pernyataan di atas menunjukkan bahwa polusi hanya akan berdampak negatif. Dari kondisi lingkungan hingga penyakit. Itulah sebabnya kita harus selalu melindungi lingkungan dengan selalu membuang sampah di tempatnya, bukan di sungai. Kami bahkan dapat memilah dan mendaur ulang limbah agar bermanfaat. Dan bagi pemerintah, masalah ini harus diselesaikan sedikit demi sedikit segera sebelum menjadi lebih buruk. Apalagi ekosistem sungai mulai menurun dan penduduknya mengalami penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *