Cara Mengatasi Crohn Disease, Peradangan Usus yang Patut Diwaspadai

Dalam artikel ini akan dibahas cara mengatasi crohn disease dan banyak hal tentang crohn disease. Crohn disease sering disebut penyakit crohn. Penyakit crohn adalah sebuah penyakit yang masuk pada kelompok penyakit peradangan usus atau Inflammatory Bowel Diseases atau IBD. Penyakit crohn adalah kondisi peradangan kronis pada saluran pencernaan.

Meskipun sama-sama masuk ke dalam kelompok IBD namun penyakit crohn tidak sama dengan kolitis ulseratif. Gejala kedua penyakit ini memang sangat mirip, akan tetapi daerah di saluran pencernaan yang terkena dampak berbeda. Penyakit crohn sering terjadi di bagian akhir usus kecil atau ileum dan awal usus besar, meskipun tidak menutup kemungkinan dapat mempengaruhi semua bagian saluran cerna.

Berikut ini adalah pengertian dan cara mengatasi crohn disease dan pengertian crohn disease

Pengertian Umum dan Gambaran Umum Crohn Disease

Crohn disease adalah sebuah penyakit yang mempengaruhi saluran pencernaan manusia. Biasanya berkembang di ujung usu kecil atau di pangkal usus besar, akan tetapi dapat muncul di perut, esofagus, anus, tenggorokan atau mulut. Penyakit crohn disease ini menyebabkan peradangan pada lapisan di saluran pencernaan yang dapat mengakibatkan sakit perut yang luar biasa, diare, kelelahan, hilangnya berat badan dan malnutrisi.

Peradangan yang terjadi disebabkan oleh penyakit crohn yang dapat menginfeksi jaringan usus dan menyebabkan masalah yang mengancam nyawa pasien.

Meski belum diketahui penyebab pasti penyakit crohn, akan tetapi salah satu hal yang berperan dalam menyebabkan penyakit crohn adalah sistem kekebalan tubuh. Jika sistem kekebalan tubuh Anda bereaksi tidak normal pada bakteri di dalam usus, maka akan menyebabkan penyakit crohn.

Sampai saat ini tidak ada obat dan metode pengobatan untuk mengatasi penyakit crohn. Akan tetapi ada banyak penawaran untuk mengatasi gejala yang terkait dengan penyakit crohn sehingga tubuh pasien bisa berfungsi dengan normal.

Gejala Utama Penyakit Crohn

Gejala umum penyakit crohn sangat beragam tergantung bagian saluran pencernaan yang terinfeksi. Akan tetapi, rata-rata pasien dengan penyakit ini merasakan nyeri pada perut dan merasakan diare. Sebagian mengalami diare sebanyak 20 kali per harinya. Darah juga akan terlihat ketika penderita buang air besar.

Pasien atau penderita penyakit crohn akan kehilangan berat badan, terutama ketika mereka kesulitan untuk menelan dan mencerna makanan. Gejala yang lain seperti sariawan dan luka pada anus dan sangat sekali terjadi.

Penanganan Penyakit Crohn

Cara mengatasi crohn disease adalah dengan membantu mengurangi peradangan yang terjadi dan meringankan gejala penyakit crohn. Kram dan diare bisa diatasi dengan menggunakan obat antikolinergik, difenoksilat, opium, loperamide yang dilarutkan ke dalam alkohol dan codein. Obat ini akan diberikan per oral melalui mulut pasien dan sebaiknya diminum sebelum makan. Pengobatan ini bertujuan untuk membantu mencegah iritasi anus, maka diberikan metil selulosa atau preparat psyllium yang akan membantu melunakkan tinja dan antibiotik berspektrum luas.

Pencegahan Penyakit Crohn

Penyakit crohn adalah jenis penyakit yang sulit untuk dicegah karena belum diketahui penyebab pasti. Pencegahan yang terbaik dapat dilakukan dengan menghindari faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit crohn. Pencegahan dilakukan dengan penerapan gaya hidup sehat, seperti.

  •       Mengurangi makanan tinggi lemak
  •       Berhenti untuk merokok
  •       Mengelola stress

Selain mencegah penyakit crohn gaya hidup di atas juga dapat dilakukan untuk meredakan gejala yang muncul dan membuat kondisi tubuh Anda lebih sehat.

Semoga artikel tentang cara mengatasi crohn disease serta berbagai macam hal tentang penyakit crohn dapat menambah wawasan Anda dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *